Seminar Kebangsaan di Komplek Permata, Warga Ajak Charles Bernyanyi Lagu Daerah

redpassion_large

Anggota DPR RI Komisi I dari Fraksi PDI Perjuangan Charles Honoris kembali membagikan wawasan sekaligus pemahaman mengenai Pancasila kepada masyarakat di wilayah Jakarta Barat, tepatnya kepada warga di Komplek Permata RW.10 Kelurahan Kedaung Kaliangke (14/1), dalam Seminar Kebangsaan dengan tema PANCASILA Jiwa dan Kepribadian Bangsa Indonesia.

 

Meski diguyur hujan, terbukti tidak mengendurkan semangat warga Komplek Permata untuk mengikuti seminar kebangsaan yang dibawakan langsung oleh politisi muda Charles Honoris. Kali ini Charles didampingi oleh Ketua RW 10, dan turut hadir Ketua FKDM Kedaung Kaliangke, serta tokoh masyarakat setempat.

 

Lagu kebangsaan Indonesia Raya dilantunkan oleh seluruh hadirin yang menandakan acara seminar kebangsaan dimulai. Dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila oleh anak-anak dari Komplek Permata.  Dalam pemaparannya, Charles mengajak semua peserta untuk mengingat dan menjalankan hasil sarasehan kebangsaan sekaligus mengajak peserta untuk menyampaikan aspirasinya dan bertanya tentang kehidupan berbangsa dan Pengamalan Pancasila di wilayah.

 

“Pancasila kita sudah terbukti dapat membawa bangsa kita menjadi bangsa yang berkembang dan terus menjadi negara maju.” katanya. Charles juga mengingatkan kepada warga bahwa pada 1 Juni  yang lalu, Presiden Jokowi sudah mencanangkan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila. “Presiden Jokowi sudah menetapkan bahwa tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional untuk memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 yang dicetuskan oleh Bung Karno. Pancasila sebagai ideologi bangsa kita sudah final.” jelasnya.

Baca juga: Warga Tanjung Duren Selatan Siap Amalkan Pancasila Di Lingkungan

Dalam sesi tanya jawab, pertanyaan warga justru mengarah kepada pelayanan pemerintah khususnya mengenai keberadaan fasilitas kesehatan yang berada di Komplek Permata yang selama ini dirasakan sangat membantu warga terutama dalam medapatkan pelayanan kesehatan. Warga menyampaikan bahwa saat ini keberadaan fasilitas kesehatan tersebut sudah sangat jarang bahkan bisa dikatakan tidak aktif lagi. Seperti yang diungkapkan oleh Ketua RW 10 Kedaung Kaliangke, Yeni, bahwa fasilitas tersebut sangatlah membantu warga.

 

“Banyak warga yang memanfaatkan dan merasakan fungsi dari pos pelayanan kesehatan tersebut. Kalau harus ke puskesmas kelurahan atau kecamatan justru akan mempersulit warga karena jaraknya yang semakin jauh.” katanya. Charles menanggapi positif aspirasi dari warga tersebut dan akan meneruskannya ke instansi terkait. Charles juga ikut bergotong royong dalam rangka pembangunan di wilayah RW 10 Komplek Permata Kelurahan Kedaung Kaliangke tersebut.

 

Tidak hanya warga yang bertanya, Charles Honoris pun memberikan pertanyaan kepada warga, dan warga yang berani untuk memberikan jawaban yang benar, akan mendapat hadiah dari Charles. Warga berebut untuk menjawab pertanyaan dari Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut. Acara sarasehan kebangsaan menjadi begitu meriah karena mendapat respon yang baik dari masyarakat. Bahkan ada seorang ibu yang setelah menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Charles mengajak bernyanyi lagu daerah “Sio Mama” yang di ikuti seluruh peserta seminar kebangsaan tidak ketinggalan Charles pun ikut bernyanyi bersama. (RK)

Video CH