Soal Tragedi Rohingya, Charles Honoris Minta Indonesia Desak DK PBB

redpassion_large

Anggota Komisi I DPR RI, Charles Honoris meminta Pemerintah RI harus melakukan segala upaya untuk menghentikan tragedi kemanusiaan di Rohingya. “Kekerasan terhadap warga Rohingya harus segera dihentikan,” kata Charles Honoris dalam keterangan persnya kepada wartawan, Minggu (3/9).

Menurut Politikus PDI Perjuangan ini, pemerintah Indonesia harus mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera melakukan sesuatu agar siklus kekerasan dan tragedi kemanusiaan di Myanmar bisa segera berakhir. DK PBB dapat memberikan sanksi berat terhadap Myanmar.

Baca juga : Politikus PDIP Minta Polri Bongkar Jaringan Lain Setelah Saracen

“Sebagai anggota dari PBB resolusi atau keputusan dari DK PBB mengikat bagi Myanmar. Kegagalan untuk mengikuti Resolusi DK PBB dapat berakibat intervensi militer terhadap Myanmar,” katanya.

Menurutnya, Indonesia juga bisa menggalang dunia internasional untuk melakukan Intervensi Kemanusiaan (Humanitarian Intervention). Sudah pernah ada preseden sebelumnya dimana pasukan internasional diturunkan untuk melakukan Intervensi Kemanusiaan seperti halnya di Kosovo dan Libya.

Lebih lanjut, dia mengatakan kasus Rohingya juga menjadi ujian bagi efektivitas hukum dan institusi internasional. Pemerintah Indonesia harus mengoptimalkan perannya dalam forum-forum internasional seperti PBB dan ASEAN untuk mengupayakan siklus kekerasan di Myanmar segera berhenti.

Sumber: jpnn

Video CH