DPR dan Parlemen Australia Kembangkan Kerja Sama 4 Sektor

redpassion_large

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menerima kunjungan perwakilan parlemen dari Australia di ruang pertemuan pimpinan di lantai 3 Gedung Nusantara III Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 10 Juli 2017.

Ada empat fokus pembicaraan yang dilakukan kedua belah pihak untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Australia. Pertama, dari segi infrastruktur.

"Mereka (parlemen Australia) juga mengetahui kita sedang menguatkan infrastruktur sehingga investor dari Australia nantinya akan bergabung untuk peningkatan infrastruktur tersebut," kata Agus.

Baca juga: 
Komando Militer Di Tarakan Dinilai 'Tak Efektif Bendung ISIS' Di Marawi


Fokus pembicaraan kedua, yaitu terkait peningkatan perdagangan. Politikus Demokrat itu menyampaikan bahwa Indonesia dan Australia memiliki hubungan yang erat terkait perdagangan, khususnya soal impor daging dan pertanian.

"Tadi juga dengan spesial mereka mengundang Komisi VI berkunjung ke Australia," ungkapnya (-red).

Tak hanya segi perekonomian, kedua belah pihak juga fokus meningkatkan sektor pendidikan. Mengingat, Australia menjadi salah satu pilihan utama pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan. "Itu harus ditingkatkan, termasuk pertukaran pelajar," ucapnya.

Selain bidang infrastruktur, perdagangan, dan pendidikan, Agus yang dalam pertemuan tersebut didampingi oleh anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris, mengungkapkan bahwa kedua belah pihak juga menyinggung isu keamanan, khususnya soal pemberantasan teroris.

Kedua negara memiliki komitmen serius untuk menumpas jaringan teroris global. Agus menyebutkan, kerja sama pemberantasan teroris nanti dapat dilakukan melalui pertukaran infornasi. "Bahkan, nanti juga ada kunjungan antara Komisi I dan Parlemen Australia untuk membicarakan yang lebih spesifik terkait masalah teroris," ujar Agus.

Sumber : Metrotvnews

Video CH