Budi Gunawan Diperkirakan Melenggang

redpassion_large

Calon Kepala Badan Intelijen Negera (BIN) Komjen Polisi Budi Gunawan akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and profer test di Komisi I DPR I, Rabu (7/9) pagi. Uji kepatutan dan kelayakan calon tunggal Kepala BIN itu dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Sebelum fit and profer test dimulai, masing-masing kelompok fraksi di Komisi I akan menggelar rapat internal. Uji kepatutan dan kelayakan akan berlangsung tertutup karena berhubungan dengan rahasia negara.

Anggota Komisi I DPR Charles Honoris memperkirakan, fit and profer test calon Kepala BIN Budi Gunawan akan berlangsung cepat. Sebab, hampir seluruh fraksi telah sepakat dengan BG sebagaimana usulan Presiden.

“Saya kira acaranya akan cepat selesai. Tidak terlalu lama-lah. Kita juga sudah melihat dan membaca profil calon. Sejauh ini seluruh fraksi sepakat dengan BG. Secara profil tidak ada penolakan dan resistensi,” ujar Charles kepada SP Rabu (7/9).

Dijadwalkan hasil fit and profer test BG akan disahkan di paripurna Kamis (8/9) dan hari itu juga dikirimkan ke Presiden Jokowi. Sehingga pada Jumat (9/9) BG sudah bisa dilantik jadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

“Mudah-mudahan kita sudah punya kepala BIN baru pada Jumat mendatang. Kita serahkan semuanya ke Presiden,” katanya.

Terkait dengan apa yang ditanyakan ke BG, Charles mengungkapkan, ia akan bertanya bagaimana ke depan informasi yang didapat oleh BIN bisa dikordinasikan dengan lembaga lain seperti polisi. Charles ingin mengetahui bagaimana sistem koordinasi antara lembaga intelijen negara bekerja sama dengan institusi lembaga lainnya, seperti polisi, kejaksaan, Bais, dan lainnya.

“Bagaimana BIN bisa menghadapi perang cyber. Peran konvensional bukan satu-satunya ancaman. Bagaimana peran BIN terhadap WNI di luar negeri agar penculikan tak ada lagi,” katanya.

Sumber : beritasatu.com

Video CH