Kampung Siaga Bencana Dibentuk di Tugu Selatan

redpassion_large

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara akan membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Rabu (24/8) besok.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, Adji Antoko mengatakan, KSB yang didirikan akan dikelola warga setempat dengan jumlah anggota 25-30 orang. Pemerintah daerah hanya memberikan pembinaan serta menyediakan logistik.

"KSB ini penanganan bencana berbasis masyarakat. Memberi stimulan kepada masyarakat agar mereka bisa menolong sesama di lingkungannya," kata Adji, Selasa (23/8).

Ia menuturkan, sama seperti KSB lainnya, KSB yang akan dibentuk di Tugu Selatan, juga dilengkapi tenda pengungsian, logistik dan dapur umum.

"Fungsi KSB menyediakan kebutuhan dasar secepat mungkin bagi korban yang terkena dampak bencana," tandasnya.

Perlu diketahui, Pemkot Jakarta Utara sudah memiliki 10 KSB di tiga kecamatan. Di Kecamatan Penjaringan, KSB dibentuk di Kelurahan Pejagalan, Kamal Muara, Penjaringan, Pluit, dan Kapuk Muara.

Di Kecamatan Pademangan, KSB didirikan di Kelurahan Pademangan Barat, Pademanan Timur, dan Ancol. Sementara di Kecamatan Cilincing, KSB tersebar di Kelurahan Marunda dan Semper Timur.

Sumber : beritajakarta.com

Video CH