Menko PMK Melepas Peserta Karnaval Cap Go Meh

redpassion_large

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani didampingi Ketua DPR Ade Komarudin, Ketua DPD Irman Gusman dan anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Wagub DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat dan penanggungjawab acara Charles Honoris, secara resmi membuka dan melepas karnaval perayaan Cap Go Meh 2016 di LTC Glodok, Jakarta Barat, Minggu (21/2). 

Dalam sambutannya, Menko PMK menyampaikan ucapan selamat tahun baru Imlek mewakili Presiden Joko Widodo dan berharap karnaval Cap Go Meh bisa dilaksanakan dengan baik secara gotong royong dan diteruskan pada masa datang. Karnaval Cap Go Meh yang sudah absen sejak 1962 itu harus digelar terus saban tahun sebagai wujud dari kesatuan bangsa yang utuh dalam kebhinekaaan.
"Saya mewakili Presiden Joko Widodo mengucapkan juga tahun baru Imlek. Semoga karnaval Cap Go Meh bisa dilaksanakan dengan baik secara gotong royong dan diteruskan pada masa datang dengan pelaksanaan yang lebih baik dan meriah lagi," ujar Menko PMK.

Kegiatan karnaval Cap Go Meh ini, tambah Menko PMK, sejalan dengan nilai-nilai dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental yang menjadi program pemerintah. Perayaan Cap Go Meh merupakan contoh implementasi nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong sehingga mampu mempersatukan berbagai lapisan masyarakat maupun budaya yang ada.

"Kita harus selalu memelihara dan menjaga keberagaman sebagai modal untuk membangun generasi muda yang berkualitas dan kompetitif dalam menghadapi bangsa-bangsa lain di dunia," ajaknya.

Lebih lanjut, Menko PMK mengaskan bahwa dengan adanya jaminan pemerintah untuk umat Konghucu dalam melaksanakan ibadah dan diperbolehkan menampilkan budaya secara turun temurun seperti barongsai menjadi bukti bahwa negara dan pemerintah sangat memperhatikan hak-hak sipil yang tidak diperoleh pada masa sebelumnnya.

"Ini bukti negara dan pemerintah memperhatikan hak-hak sipil yang sebelumnya tak didapat sebelumnya," tegasnya.

Usai resmi dibuka dan dilepas oleh Menko PMK, satu persatu peserta karnaval bergerak. Dimulai dari atraksi liong yang meliuk-liuk serta maskot karnaval Hanoman. Dalam Karnaval Cap Go Meh ini juga ditampilkan pawai budaya Nusantara seperti Gotong Toa Pe Kong, pasangan Koko dan Cici, Barongsai, Kie Lin, Marching Band, Reog Ponorogo, Ondel-ondel, Sisingaan, Rebana Biang, Tanjidor, Mobil Hias dan Kesenian Nusantara lainnya.

Sumber : kemenkopmk.go.id