Pemerintah Targetkan 200 Technopreneur Baru Setiap Tahun

redpassion_large

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara optimistis jika e-Commerce akan bisa tumbuh lebih cepat dari target. "Pemerintah menargetkan akan muncul 200 technopreneur baru setiap tahun. Namun kami yakin akan bisa dapat  tumbuh lebih cepat," tuturnya, di Jakarta, Selasa (12/01) siang.

Keyakinan Rudiantara bukan tanpa dasar, menurutnya untuk mendapatkan jumlah technopreneur baru itu mengacu pada referensi negara lain. "Dengan menghitung berapa yang harus masuk inkubator, berapahandcutter yang harus dilakukan, dan berapa number of talks participants yang harus diadakan," jelasnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Lantik 13 Duta Besar Di Istana

Pemerintah tengah menggenjot upaya menciptakan ekosistem agar e-Commerce  menjadi pendorong ekonomi digital di Indonesia. ”Kita tahu setidaknya pada tahun 2020 nilai atau value Indonesia bisa mencapai minimal USD130 Miliar dan untuk mencapai angka tersebut yakni dengan mengembangkan SDM dan harus secara sistematis,” kata Menkominfo. 

Kini pemain e-Commerce, kementerian/lembaga serta stakeholders yang terkait tengah melakukan pembahasan finalisasi Roadmap e-Commerce Indonesia.  “Pembahasan itu meng-address mengenai isu daftar investasi dan rencana national payment  gateaway di Indonesia. Kemudian bagaimana sistem pajak bagi e-Commerce dan kurang lebih sekitar 30 inisiatif dari kementerian yang harus diselesaikan dan mudah-mudahan bisa diselesaikan dalam minggu ini untuk difinalisasi,” jelas Menkominfo.

Selajutnya Menkominfo mengatakan bahwa pembiayaan yang dibutuhkan sekitar USD6 juta sampai USD7 juta per tahun. Biaya tersebut merupakan biaya patungan antara pemerintah, sektor swasta dan e-Commerce yang sudah maju. "Dimana manfaatnya nantinya tidak saja untuk pemerintah akan tetapi masyarakat secara luas," tambahnya.

Sumber : kominfo.go.id

Video CH