55 Pemuda dari 5 Negara MIKTA Bertemu di Seoul

redpassion_large

Kelompok negara-negara MIKTA yang terdiri atas Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia, mengumpulkan 55 pemuda untuk bertemu di Seoul, 6-11 Juli 2015, dalam Young Professional Camp. Salah seorang wakil Indonesia menuliskan laporannya mengenai forum tersebut.

Bulan ini di Seoul, Korea Selatan, 55 pemuda dari kelima negara akan menindaklanjuti kesepakatan yang dicapai para pejabat negara, dalam sesi diskusi dan pertukaran pengetahuan 6 hari bertajuk ‘MIKTA Young Professional Camp’.

Negara anggota MIKTA

Sesuai dengan namanya, anggota MIKTA terdiri dari 5 negara: Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia. Meski kelima negara ini berasal dari kawasan dan budaya yang berbeda, kelima-nya mengaku memiliki kesamaan nilai. 

Kelima negara sama-sama negara demokrasi dengan perekonomian terbuka yang berimbas pada tingkat pertumbuhan. Mereka juga mengklaim bahwa lokasi masing-masing negara begitu strategis sehingga mampu menjadi penghubung antar kawasan.

Alasan dibentuknya MIKTA

Munculnya isu-isu global baru dalam sektor keuangan dan ekonomi, keamanan, lingkungan serta pembangunan berkelanjutan memicu kelima negara untuk memikirkan kerangka kerjasama yang lebih konkrit. Terlebih, munculnya aktor-aktor non-negara dan dominasi kawasan memicu komplikasi dalam penerapan struktur pemerintahan global.

Kelima negara berpikir bahwa dunia perlu untuk meningkatkan kemitraan inovatif yang menyediakan solusi pragmatis dan konstruktif atas sejumlah tantangan tersebut. Karenanya, MIKTA kemudian dibentuk pada tahun 2013, Lima Menteri Luar Negeri dari negara anggota MIKTA bertemu pertama kali pada tanggal 25 September 2013 di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York.

MIKTA Young Professional Camp

MIKTA Young Professional Camp (MPC) adalah salah satu agenda penting dalam MIKTA. Tahun ini, MPC diadakan untuk pertama kalinya oleh Kementerian Luar Negeri Korea Selatan di Seoul, dari tanggal 6-11 Juli.

Acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik akan agenda global, memperkuat solidaritas di antara partisipan yang memiliki pengalaman dan latar belakang berbeda, serta mencari peluang kolaborasi.

MPC akan dihadiri 55 profesional muda dari 5 negara yang akan berdiskusi seputar masalah global dan berbagi pemahaman mereka akan isu tersebut. Nurina Savitri menjadi salah satu peserta asal Indonesia yang diundang mengikuti MIKTA Young Professional Camp

Sumber : news.metrotvnews.com