Seluruh Fraksi DPR Bulat Dukung Sutiyoso Jadi Bos Intelijen

redpassion_large

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat secara aklamasi menyetujui pencalonan Sutiyoso menjadi Kepala Badan Intelijen Negara Republik Indonesia. Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan sepuluh fraksi di Komisi I DPR telah memberikan pandangannya dan secara garis besar mendukung Sutiyoso menjadi Kepala BIN menggantikan Marciano Norman.

Ada beberapa catatan yang diberikan dari sejumlah fraksi kepada Sutiyoso, meskipun secara aklamasi telah mendukung pencalonannya menjadi Kepala BIN. Sutiyoso menyatakan Fraksi PDI Perjuangan secara bulat memberi dukungan. Namun, dukungan itu pun bukan diberikannya tanpa catatan. Fraksi PDIP meminta agar Sutiyoso dapat bekerja dan tunduk pada Undang-Undang Intelijen Negara dan sepenuhnya berorientasi pada kepentingan negara.

Oleh karena itu, hasil uji kelayakan dan kepatutan yang berlangsung selama kurang lebih lima jam ini akan dibawa dan dilaporkan ke pimpinan DPR agar segera disahkan menjadi sikap DPR melalui rapat paripurna terdekat.

Anggota Komisi I Fraksi PDI Perjuangan, Charles Honoris membetulkan pernyataan Sutiyoso tersebut. Ia mengatakan “Sebagai parpol pendukung pemerintah, PDI Perjuangan sebelumnya sudah mendukung penuh calon KaBIN yang di usung oleh Bapak Presiden Joko Widodo”.

“Uji kelayakan dan kepatutan ini memberi pertimbangan positif kepada bapak presiden, figur Sutiyoso dirasa memiliki pengalaman matang di dunia militer dan intelijen. Loyalitas nya pun tidak diragukan. Kemampuan menejerial mengelola sebuah lembaga juga sudah dibuktikan semasa aktif di TNI menjadi Komandan teritorial ataupun selama menjabat Gubernur DKI Jakarta. Kedepan tinggal peran aktif masyarakat untuk bersama-sama mendukung program-program BIN yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara,” ujar Charles Honoris.

Video CH