Pemkot Jakarta Utara Mengaku Tidak Mampu Betonisasi Jalan Rusak

redpassion_large

Arif Faizal Ritonga, selaku Kepala Seksi (Seksi) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara, mengakui ada 228 titik jalan rusak di enam Kecamatan wilayah Jakarta Utara. Ia menjelaskan, jalan yang rusak di Jakarta Utara sudah seharusnya di betonisasi.

"Betonisasi atau speedcrate itu sangat cocok dilakukan untuk wilayah Jakarta Utara. Hanya saja mahal, Rp 16 Juta perkubik. Tapi kami tidak akan mampu. Biayanya cukup besar," imbuhnyadi kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (24/03).

Menurutnya, apabila anggarannya mencukupi dan seluruh jalan di Jakarta Utara dibetonisasi, jalan akan kuat dan bertahan lama hingga 50 tahun. "Saya akui, jalan rusak di Jakarta Utara memang sangat parah. Tapi saya percaya, apabila dibetonisasi, akan kuat dan tahan hingga 50 tahun lebih. Contoh wilayah yang berhasil itu di Kawasan Beos.

Dikatakan Arif, apabila kerusakannya tidak parah, pihaknya memperbaiki dengan cara memakai macadam. "Diatasnya dilapisi dengan hotmix. Kerusakan ini dominan ya karena tonase truk berlebihan," terangnya.

Ia pun mengakui, pertanggal 19 Maret 2015, pihaknya sudah melakukan perbaikan jalan rusak di 177 titik di enam Kecamatan di Jakarta Utara.

Sumber Tribunnews

Video CH