Anggota DPR Apresiasi Langkah Pemerintah Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan Ilegal

redpassion_large

Politisi muda PDI Perjuangan Charles Honoris mengapresiasi langkah pemerintah dalam memerintahkan TNI dan kementerian terkait melakukan tindakan, penangkapan, dan penenggelaman kapal asing pencuri ikan ilegal.

"Kami mengapresiasikan keberanian TNI dalam rangka melindungi kekayaan laut Indonesia, dan sekaligus menjaga kedaulatan wilayah NKRI," ujar Charles Honoris, Jumat (5/12/2014).

"Komitmen Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan kejayaan poros maritim Indonesia telah ditunjukkan kepada publik dengan memberikan instruksi secara tegas kepada TNI dan kementerian terkait," ujar Charles Honoris yang juga anggota Komisi I DPR ini.

Tindakan penangkapan dan penenggelaman kapal asing pencuri ikan, Charles meyakini, tidak akan menganggu hubungan bilateral Indonesia dengan negara.

Justru sikap Presiden Joko Widodo ini, imbuhnya lagi, sudah menyampaikan gagasan poros maritim tersebut secara terbuka kepada negara lain saat pertemuan ASEAN, APEC dan G20. "Prosedur penenggelaman kapal juga telah diatur berdasarkan regulasi internasional, seperti penyelematan awak kapal, inventarisir peralatan dan perlengkapan kapal, pendokumentasian sebagai bukti untuk berita acara," kata Charles Honoris.

"Ratusan triliun kekayaan laut Indonesia bisa diselamatkan oleh kerjasama yang baik oleh TNI dan kementerian terkait," ujar Charles Honoris.

Sumber : tribunnews.com

Video CH