Waspada Banjir, Ketua RT 06/04 Kelurahan Cilincing Mendatangi Rumah Konstituen Charles Honoris

redpassion_large

Ketua RT 06/04 Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara Ibu Lita mendatangi Rumah Konstituen Charles Honoris (RKCH) pada Senin pagi (17/11). Menurut Ibu Lita, daerahnya sangat membutuhkan penanganan segera terkait tempat penampungan sampah dan pintu air yang rusak. Dia mengeluh, warga diwilayahnya saat ini tidak memiliki tempat pembuangan sampah, oleh karena itu masih banyak warga yang akhirnya membuang sampah di kali, selokan dan di sembarang tempat. 

BMKG memperkirakan hingga bulan Februari 2015, intensitas curah hujan akan cukup tinggi termasuk di wilayah  Jakarta.  Kekhawatiran akan datangnya banjir membuat warga setempat meminta Ibu Lita untuk segera berkomunikasi dengan seluruh pihak agar keluhan warga bisa segera diatasi. Ibu Lita menambahkan sekitar 89 Kepala Keluarga (KK) yang dipimpinnya sebenarnya sudah memiliki program kerja lingkungan bersih, seperti melakukan kerja bakti rutin sebulan dua kali, saling tegur bila ada warga yang membuang sampah sembarangan, penataan sampah, got/ selokan bersih, pengelolaan sampah di pelelangan ikan dan membuat posko/ balai warga untuk rapat kerja.

Keterbatasan kemampuan warga dan belum maksimalnya peran serta pemerintah daerah membuat ibu 2 anak ini mengadu dan menyampaikan aspirasinya ke Rumah Konstituen Charles Honoris. Dari hasil investigasi yang dilakukan RKCH, seperti pintu air yang sudah terpasang, ternyata dari awal pemasangan memang tidak berfungsi dengan baik. Lingkungan disana juga jauh dari standar kesehatan, setiap kali air sungai meluap kotoran sampah dan kotoran manusia bercampur jadi satu dikarenakan masih banyak warga yang belum memiliki sarana MCK. 

Bidang Pelayanan Aspirasi RKCH Nanda menjelaskan pihaknya akan segera memberitahukan dan meneruskan aspirasi tersebut kepada pihak terkait seperti Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara, Kelurahan dan Kecamatan agar segera merespon aspirasi tersebut dan bersama-sama warga turun ke lapangan bergotong royong sesuai anjuran Gubernur DKI Jakarta. RKCH sendiri sudah berjanji akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti warga yang rencananya akan dilaksanakan minggu depan. (RK)   

Video CH