Kemanusiaan Mohamad Hatta

redpassion_large

Sekalipun lawan politik, bila perlu, wajib ditolong dari segi kemanusiaan. Itulah sebabnya pernah ditanyakan kepada Bung Hatta, benarkah bahwa seorang politikus itu adalah karakterloos? Apa jawab Bung Hatta, dengan nada serius beliau berkata: “Siapa bilang? Seorang politikus itu harus punya karakter. Kalau tidak punya karakter berarti tidak punya pendirian. Itu tidak betul!”

Hatta lebih berpandangan  bahwa sebaiknya pendidikan politik kepada masyarakat segera dilakukan (dengan cara kaderisasi dll).

Mohammad Hatta menaruh harapan yang tinggi. Ia berharap bahwa pemerintahan militer itu akan segera menggembalikan kedaulatan ke rakyat

Bung Hatta dikagumi orang karena seruannya untuk menghadapi perbedaan pikiran dengan sikap toleran dan mengutamakan perdamaian. ”Tak ada damai, biarpun yang tak adil sekalipun, yang tak lebih baik ketimbang kebanyakan perang.”

Di sebuah dunia di mana ada sesama yang diperlakukan sebagai makhluk yang tak sederajat dan bahkan disisihkan, keberpihakan itu tak terelakkan: para nasionalis itu berpihak kepada sebuah masa depan ketika tak ada seorang pun yang dihinakan.

Indonesia tragis tapi mujur: begitu banyak- orang dibasmi dan dilupakan di negeri ini, tapi sebuah generasi tak hanya menggantikan generasi sebelumnya; ia juga mendapat inspirasi. Dengan itulah sebuah transisi alamiah (ada yang pergi, ada yang datang) jadi jalinan gerak sejarah.?

Pergulatan bisa melahirkan kemerdekaan, meskipun humanisme yang mengagungkan kedigdayaan insani sering akhirnya gagal membebaskan manusia. Tapi yang gagal tak berarti bersalah. ”Kalau yang buruk jua yang datang, sesungguhnya memang bukan urusan kita lagi,”

Video CH