Nasionalisme Soe Hok Gie

redpassion_large

Kami adalah kelompok yang pertjaja, bahwa patriotisme tidak dapat ditanamkan hanja melalui slogan-slogan dan djendela djendela mobil. Kami pertjaja bahwa dengan mengenal rakjat dan tanah air Indonesia setjara menjeluruh, barulah seorang dapat mendjadi patriot-patriot jang baik.

Soe Hok Gie, 1965

Mengapa dulu Hok Gie naik gunung? Karena di tengah situasi sosial politik yang sudah dikotori dengan kemunafikan dan benih korupsi, dia menemukan kemurnian dan kedamaian yang ia impikan di gunung. Selain itu, ‘bermain’ di alam dan dekat dengan masyarakat adalah wujud nyata cinta tanah air.

Arif Budiman yang memesan peti mati untuk jasad Soe Hok Gie, menjadi saksi betapa dahsyatnya kekuatan ide. Begitu diberi tahu untuk siapa peti mati itu dipesan, sang pembuat langsung meneteskan air mata. Padahal, dia hanya  mengenal Soe Hok Gie dari tulisan-tulisannya di media massa.

“Soe Hok Gie” bukanlah stereotipe tokoh panutan atau pahlawan yang kita kenal di negeri ini. Ia adalah pecinta kalangan yang terkalahkan dan mungkin ia ingin tetap bertahan menjadi pahlawan yang terkalahkan, dan ia mati muda.

Video CH